Perjuangan Pahlawan Sultan Hasanuddin & Biodata Lengkap

Sultan Hasanuddin - Wikipedia bahasa Indonesia, Sultan Hasanuddin - Profil | merdeka.com, Biografi Sultan Hasanuddin - Ayam Jantan Dari Timur
Sultan Hasanuddin
Biografi Sultan Hasanuddin - Sultan Hasanuddin adalah salah satu pahlawan asal Indonesia yang lahir di kota Makassar, Sulsel - Indonesia. Beliau berusaha mati-matian dengan menggabungkan seluruh kekuatan dari kerajaan-kerajaan kecil yang ada di Indonesia khususnya bagian timur guna melawan para Kompeni atau istilah lainnya penjajah.

Pertempuran pada masa Kesultanan Hasanuddin terus berlangsung, hingga para Kompeni atau penjajah menambahkan kekuatan pasukannya guna menaklukan wilayah Makassar khususnya Gowa yang mana pada akhirnya Gowa terdesak secara perlahan-lahan dan semakin melemah, sehingga di tanggal 18 November tahun 1667 Sultan Hasanuddin bersedia untuk mengadakan perdamaian yang disebut "Bungaya".

Namun, daerah Gowa khususnya masyarakat sekitarnya merasa dirugikan sekali, maka dari itu Sultan Hasanuddin kemudian melanjutkan perlawanan lagi dengan para Kompeni. Dan Kompeni merasa kewalahan menghadapi serangan besar-besaran dari Sultan, sehingga Kompeni meminta bantuan kepada tentara Batavia, yang mana akhirnya pertempuran kembali pecah lagi diberbagai wilayah.

Bantuan bala tentara kompeni semakin menambah kekuatannya sehingga para Kompeni tersebut berhasil menerobos benteng pertahanan terkuat dari Gowa yakni Benteng Sombaopu ditanggal 12 Juni 1669. Yang mana akhirnya Sultan Hasanuddin mengundurkan diri dari kerajaannya dan kemudian beliau wafat ditanggal 12 Juni 1670.

Profil Pahlawan Sultan Hasanuddin

  • Nama Tokoh : Sultan Hasanuddin
  • Tempat Lahir : Makassar, Sulawesi Selatan - Indonesia
  • Tanggal Lahir : 12-Januari-1631
  • Wafat : Makassar, 12-Juni 1670 (39 tahun)
  • Tempat Pemakaman : Komplek Pemakaman, Jl.Pelantika, Kelurahan Ketangka, Gowa - Makassar

Seperti itulah kira-kira Biografi Sultan Hasanuddin tersebut. Apabila informasinya kurang lengkap atau apalah, kami harap anda-anda bisa memakluminya, karena sumber berita yang didapatkan hanya seperti itulah faktanya. Terima kasih banyak..
HALAMAN SELANJUTNYA:


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel